Tempatnya Berbagi Informasi Mengenai Kesehatan, Otot Tulang, Intim, Gaya Hidup, dan Fashion

Kenali Penyebab Dan Gejala Mata Minus

Kenali Penyebab Dan Gejala Mata Minus - Mata minus, atau dalam istilah medisnya ialah rabun jauh atau miopia adalah gangguan penglihatan yang terjadi akibat kesalahan bias umum dari mata yang membuatnya sulit melihat dengan fokus pada objek yang jauh. Dengan kata lain orang yang menderita mata minus dapat melihat benda atau objek dekat dengan jelas, Namun pada saat melihat benda atau objek yang jaraknya jauh penglihatannya menjadi buram atau kabur

.


Penyebab Mata Menjadi Minus

Hingga sekarang pun masih belum dipastikan secara pasti mengapa mata bisa menjadi minus. Namun faktor-faktor berikut ini dipercaya dapat meningkatkan resiko seseorang untuk memiliki mata minus, Diantaranya adalah:

1. Faktor Genetika
Faktor genetika atau keturunan adalah salah satu penyebab utama mata kita menjadi minus. Mata minus terjadi disaat kelengkungan kornea mata menjadi lebih pendek dan sumbu bola mata menjadi panjang.  Seseorang dapat mengalami mata minus diakibatkan faktor genetika yang diturunkan oleh orang tuanya dan mungkin seseorang yang memiliki mata minus dapat berpotensi menurunkan mata minusnya ke keturunannya.

2. Terlalu Sering Bekerja Menggunakan Komputer
Mata minus dapat disebabkan oleh gaya hidup seseorang. Orang yang selalu bekerja menggunakan komputer memliki resiko tinggi untuk terkena minus. Layar komputer membuat mata anda lelah dan stres. Biasakanlah untuk istirahat sejenak ketika mata anda sudah mulai lelah dan perih dengan pekerjaan anda di komputer sehingga mata tidak menjadi mudah lelah bahkan menjadi minus

3. Kebiasaan Membaca Buku Dengan Cara Yang Salah

Salah satu penyebab mata minus lainnya adalah kebiasaan buruk yang suka sekali membaca buku dengan cara yang salah, Bagaimana cara membaca buku yang salah? itu terjadi saat anda membaca buku di tempat yang kurang pencahayaan, Membaca buku di tempat yang Kurang pencahayaan itu tidak baik untuk mata kita, dan membaca buku sambil tiduran juga bisa membuat mata kita memjadi minus. Jadi jika kalian ingin terhindar dari mata minus, pastikan anda tidak membaca buku dengan cara yang salah.

4. Stres Mata
Stres mata diakibatkan oleh mata yang kelelahan akibat adanya akibat adanya aktivitas yang membutuhkan penglihatan jarak dekat dan terlalu sering melihat layar komputer. Apabila mata terlalu diforsir untuk bekerja maka lama-kelamaan dalam jangka waktu yang panjang akan menyebabkan mata menjadi minus. Maka dari itu apabila mata anda sudah lelah ketika bekerja di layar komputer maka cobalah untuk mengistirahatkan mata anda sejenak.

5. Kurangnya Istirahat 
Semua orang membutuhkan waktu setidaknya selama 8 jam untuk istirahat, Sejak pukul jam 9 malam hingga terbangun di jam 5 pagi, namun tampaknya masih banyak orang yang melakukan hal ini, padahal istirahat yang cukup itu sangat baik untuk kesehatan. Dan salah satu akibat yang bisa anda alami jika masih saja bandel tidak beristirahat secukupnya, adalah mata minus.

6. Barmain Smartphone Di Ruangan Gelap

Hampir kebanyakan orang pada saat ini memiliki smartphone, Bahkan smartphone ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari merekaKetika akan hendak tidur dimalam hari pun kebanyakan diantara kita masih memainkan smartphone nya, entah itu cuma mengecek sms atau mengecek notifikasi media sosial. Sebenarnya tidak ada yang melarang Anda untuk bermain smartphone asalkan tau waktu. Apabila lampu kamar sudah dimatikan maka sebaiknya Anda tidak lagi memainkan smartphone karena hal ini selain bisa mengganggu waktu tidur juga bisa mengganggu kesehatan mata Anda. bermain smartphone didalam suasana kamar yang gelap akan sangat dalam jangka waktu yang lama akan membuat mata Anda menjadi minus.


Gejala-Gejala Mata Minus


Berikut ini adalah gejala-gejala mata minus:

a. Pandangan Menjadi Buram
Hal ini biasanya terjadi pada seseorang yang berusaha mencoba melihat objek atau benda dengan jarak yang jauh. untuk mengatasi itu biasanya penderita akan menyipitkan matanya secara terus menerus, atau mendekatkan pandangan dengan objek yang ingin dilihat

b. Sakit Kepala Atau Pusing 
Seseorang yang memiliki gangguan mata minus dapat mengalami rasa pusing atau sakit kepala yang diakibatkan oleh tingkat ketegangan mata yang berlebihan yang menimbulkan mata menjadi lelah. 

c. Penglihatan Menjadi Lebih Buruk Pada Malam Hari
Seseorang yang menderita mata minus akan kesulitan dalam melihat, terutama pada saat sedaang mengemudikan  kendaraan dimalam hari. hal ini sering disebut night myopia  

d. Sering Mengucek atau Berkedip
Hal ini sering sekali dilakukan oleh penderita mata minus dengan tujuan memperjelas penglihatan yang semula kabur. Banyak orang yang masih belum mengetahui bahayanya mengucek mata menggunakan tangan. Siapa sangka jika mengucek mata menggunakan tangan akan memperburuk penglihatan hingga menyebabkan kerusakan saraf pada mata.


baca juga : Mengapa Kita Harus Berkedip? 


Oke Sahabat_Kanz mungkin hanya itu saja yang bisa mimin bahas seputar tentang Mata Minus. semoga saja artikel ini bermanfaat untuk kalian. Dan jangan lupa mampir-mampir lagi di artikel mimin yang lainnya..
0 Komentar untuk "Kenali Penyebab Dan Gejala Mata Minus"

Back To Top